PembaTIK 2024: Alur Implementasi Pembelajaran Berbasis TIK di SMA Negeri 1 Sedayu Yogyakarta
berikut video PembaTIK 2024, Alur Implementasi pembelajaran berbasis TIK (teknologi informasi komunikasi) pada mata pelajaran biologi guru pengampu bapak Sumari, M.Sc. di SMA Negeri 1 Sedayu Yogyakarta
Alur pembelajaran yang dimulai dengan kuis tebak kata, dilanjutkan dengan pengenalan terminologi menggunakan AI, dan diakhiri dengan kuis akhir menggunakan Quizizz. Alur ini dirancang untuk membuat pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan, dan menggunakan teknologi modern untuk meningkatkan pemahaman siswa
Alur Pembelajaran:
1. Pembukaan (5-10 Menit)
- Salam dan Pengantar: Guru membuka kelas dengan memberikan salam dan penjelasan singkat tentang tujuan pembelajaran hari ini. Guru menjelaskan bahwa siswa akan belajar tentang konsep dasar metabolisme melalui aktivitas yang interaktif dan menyenangkan.
2. Aktivitas Pembuka: Kuis Tebak Kata (10-15 Menit)
- Tujuan: Mengaktifkan pengetahuan awal siswa dan memotivasi mereka.
- Deskripsi Aktivitas: Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan serangkaian kata kunci yang terkait dengan metabolisme (misalnya: "Enzim", "ATP", "Katabolisme", "Anabolisme", "Glikolisis"). Kelompok diminta untuk menebak kata tersebut berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh guru.
- Cara Bermain:
1.Guru menyiapkan kartu kata atau menggunakan platform digital seperti Kahoot atau Wordwall untuk menjalankan kuis tebak kata. 2.Kelompok yang menjawab dengan benar dan cepat mendapatkan poin. Kuis ini akan menciptakan suasana kompetitif dan interaktif di kelas.
- Hasil yang Diharapkan: Siswa lebih termotivasi dan tertarik dengan materi yang akan diajarkan.
3. Pengenalan Terminologi Metabolisme Menggunakan AI (20-30 Menit)
- Tujuan: Memperkenalkan konsep dan terminologi penting yang berkaitan dengan metabolisme.
- Deskripsi Aktivitas: Guru menggunakan AI (seperti ChatGPT) untuk menjelaskan istilah-istilah yang baru saja disebutkan dalam kuis tebak kata dan lainnya yang terkait dengan metabolisme.
- Langkah-langkah:
- Diskusi Kelompok Besar: Guru menggunakan proyektor atau smartboard untuk berinteraksi dengan AI. Guru meminta AI untuk menjelaskan konsep-konsep dasar seperti "Apa itu ATP?", "Bagaimana enzim bekerja?", atau "Apa perbedaan antara katabolisme dan anabolisme?"
- Contoh Interaktif: Guru bisa meminta AI memberikan contoh kasus nyata, seperti "Bagaimana tubuh manusia menggunakan glukosa dalam proses glikolisis?"
- Tanya Jawab Siswa-AI: Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada AI melalui guru, membuat pembelajaran menjadi lebih dinamis dan menarik.
- Hasil yang Diharapkan: Siswa memahami terminologi dan konsep dasar metabolisme melalui penjelasan interaktif dan kontekstual.
4. Aktivitas Penutup: Kuis Akhir Menggunakan Quizizz (15-20 Menit)
- Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang materi yang telah dipelajari selama sesi pembelajaran.
- Deskripsi Aktivitas: Guru menggunakan platform Quizizz untuk membuat kuis akhir yang mencakup pertanyaan-pertanyaan terkait dengan konsep dasar metabolisme yang telah dibahas.
- Langkah-langkah:
- Persiapan Kuis: Guru telah menyiapkan kuis di Quizizz dengan beberapa pertanyaan pilihan ganda, isian singkat, atau benar/salah tentang metabolisme.
- Pelaksanaan Kuis: Siswa mengakses kuis melalui perangkat mereka (smartphone, tablet, atau komputer) dan menjawab pertanyaan secara individu atau kelompok.
- Review Jawaban: Setelah kuis selesai, guru meninjau jawaban siswa secara langsung dan memberikan umpan balik serta klarifikasi atas jawaban yang salah.
- Hasil yang Diharapkan: Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar, menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep yang telah dipelajari, serta memperoleh umpan balik langsung atas kesalahan mereka.
5. Refleksi dan Penutup (5-10 Menit)
- Tujuan: Mereflesikan proses pembelajaran dan mengevaluasi pemahaman siswa.
- Deskripsi Aktivitas:
- Guru meminta siswa untuk merefleksikan apa yang mereka pelajari hari ini dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan baru ini.
- Guru memberikan ringkasan singkat tentang pelajaran hari ini dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya atau memberikan umpan balik tentang metode pembelajaran yang digunakan.
- Hasil yang Diharapkan: Siswa dapat merefleksikan pemahaman mereka dan guru dapat mengidentifikasi area yang mungkin memerlukan pengulangan atau penjelasan lebih lanjut.
Tips Implementasi:
- Pastikan Anda sudah menyiapkan semua perangkat dan platform yang akan digunakan sebelum pembelajaran dimulai.
- Sesuaikan kecepatan pengajaran dengan kemampuan siswa untuk memastikan semua siswa bisa mengikuti.
- Berikan penghargaan atau pujian untuk kelompok atau individu yang menunjukkan pemahaman yang baik atau keaktifan dalam pembelajaran.
Semoga alur pembelajaran ini dapat membantu dalam mengajar konsep metabolisme secara efektif dan menyenangkan!
Kirim Komentar